Zat besi adalah salah satu nutrisi yang sangat penting yang sangat diperlukan oleh perempuan.

Hal ini dikarenakan perempuan memiliki kondisi tubuh yang sangat unik, dimana perempuan memerlukan banyak asupan zat besi dibandingkan laki-laki.

Zat besi ini sangat diperlukan untuk memproduksi darah sehabis masa menstruasi.

Oleh sebab itu asupan zat besi bagi perempuan harus terpenuhi sepanjang waktu.

Memahami dampak kekurangan zat besi
Ketika tubuh perempuan tidak memiliki asupan zat besi yang cukup, maka akan menyebabkan anemia.

Penyakit ini terjadi karena kurangnya perhatian terhadap asupan zat besi yang dikonsumsi oleh perempuan.

Bahkan parahnya lagi adalah sebagian besar perempuan terlambat menyadarinya.

Berikut adalah beberapa gejala-gejala dari anemia :

1. Gejala pertama yang dialami, merasa mudah lelah dan lemas. Biasanya kondisi ini dialami oleh perempuan beberapa hari setelah menstruasi. Karena zat besi memberikan vitalitas dan pasokan darah yang stabil bagi tubuh, dan jika pasokan zat besi ini berkurang maka akan membuat tubuh mudah mengalami kelelahan dan lemas. Jumlah zat besi yang kurang juga biasanya akan membuat perempuan mudah mengalami anemia.
2. Gejala kedua yang kerap dialami perempuan jika mengalami anemia adalah sesak nafas jika melakukan aktivitas tubuh, bahkan walau hanya melakukan aktivitas tubuh yang ringan sekalipun
3. Jantung berdebar kencang dan adanya peningkatan tekanan darah dan membuat dada terasa berdebar-debar. Hal ini terjadi karena kekurangan zat besi membuat darah tidak bisa memasok oksigen keseluruh tubuh. Sehingga jantung terpaksa harus bekerja keras memompa darah agar bisa mensuplai seluruh tubuh.
4. Perempuan yang mengalami anemia juga bisa dilihat dari kulitnya, biasanya kulit perempuan yang mengalami anemia akan terlihat pucat
5. Dalam beberapa kasus, cacat tulang bisa dialami oleh perempuan yang mengidap anemia. Tapi hal ini sangat jarang terjadi
6. Nyeri dada juga bisa dialami oleh perempuan yang mengidap anemia.

Dari semua gejala-gejala diatas, hal yang paling penting yang harus dipertimbangkan untuk mendeteksi perempuan yang mengidap anemia adalah gejala-gejala yang tidak mudah dideteksi.

Sehingga mereka dengan mudah mengabaikan bahaya dari penyakit ini.

Di lain sisi. Anemia bisa merupakan pertanda adanya penyakit lain yang mungkin bisa lebih berbahaya, oleh sebab itu sangat disarankan untuk memeriksakan diri jika gejala anemia mulai Nampak.

Sumber-sumber zat besi terbaik untuk mengatasi anemia
Ketika mengambil zat besi dari makanan, tubuh juga memerlukan makanan yang kaya akan kandungan kalsium.
Hal ini disebabkan karena zat besi tidak siap diserap oleh tubuh secara langsung, dan biasanya memerlukan zat gizi lain untuk membantu penyerapannya secara lebih cepat.
Dalam hal ini kalsium merupakan nutrisi yang diperlukan untuk membantu penyerapan zat besi.