Di Indonesia, setiap memasuki bulan Agustus, bangsa Indonesia akan semakin merasakan kembali untuk mengingat kejadian 66 tahun silam. Tokoh-tokoh Indonesia yang dengan segenap jiwa raganya berusaha untuk memerdekakan Indonesia yang terjajah. Dengan gigihnya mereka melawan penjajah hingga pikiran, jiwa raga dan pertumpahan darah yang telah mereka keluarkan dengan berpasrah atas keputusan dan takdir dari Allah SWT. Inilah awal sejarah dari negara Indonesia yang ingin negaranya bebas dari penjajah dan diakui sebagai negara yang merdeka oleh negara-negara lain. Hingga akhirnya telah tercatat pada tanggal 17 Agustus 1945, Allah menakdirkan hari tersebut sebagai hari Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.

Kemerdekaan yang telah ditorehkan dalam sejarah, menjadikan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan diakui oleh negara-negara lain. Dan kini Indonesia telah menjadi warisan untuk penerus-penerus bangsa Indonesia. Penerus-penerus bangsa Indonesia di beri amanah untuk mempertahankan kemerdekaan dari segala bentuk penjajahan dan memajukan negara Indonesia dengan menyumbangkan pikiran dan kemampuan yang dimiliki serta menjaga alam semesta yang diciptakan Allah SWT.

Saat ini adalah saat-saat dimana kita dapat membuka ingatan kita pada kejadian tersebut, karena ini adalah bulan Agustus, bulan yang menjadi sejarah dalam detik-detik yang mendekati kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dan bulan Agustus tahun 2011 kali ini adalah bulan yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan tahun 1432 H. Bulan yang mengingatkan bangsa Indonesia pada kemerdekaannya bertepatan dengan bulan suci, dimana Allah akan memberikan berkah dan rahmat-Nya pada hamba-Nya yang ikhlas. Bulan dimana banyak doa-doa yang terkabul dan ampunan-ampunan dari dosa-dosa hamba Allah yang ikhlas.

Ini adalah kesempatan kita sebagai penerus bangsa Indonesia untuk terus memohon kepada Allah agar dosa-dosa kita diampuni karena kelalaian kita untuk menjaga alam semesta yang telah diciptakan oleh Allah SWT dan lalai dari menjaga Indonesia dari tangan-tangan jahil yang kurang amanah serta lalai dari memajukan Indonesia dengan menyumbangkan pikiran dan kemampuan dari yang kita miliki.

Maka inilah saat kita untuk berkaca kembali pada diri kita, dosa apa yang telah kita perbuat? Hingga kita masih seperti ini dengan kelalaian-kelalaian kita sebagai penerus bangsa.

Memohon petunjuk kepada Allah SWT agar dibukakan mata hati kita untuk melakukan hal-hal yang baik yang harus dilakukan adalah salah satu jalan yang bisa kita lakukan saat ini. Dengan melakukan amalan-amalan yang ikhlas karena Allah SWT.

Ingatan kita dengan kemerdekaan yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan ini bisa memberikan kita semangat baru untuk memotivasi agar selalu bersyukur kepada Allah SWT, semangat untuk beramal dengan ikhlas serta semangat untuk menjalankan amanah sebagai pewaris tanah air Indonesia ini.

Semoga Allah memberikan kita ampunan atas kelalaian kita dan membukakan mata hati kita untuk mengikuti petunjuk yang benar. Dan semoga masih ada waktu kita untuk melakukan amalan-amalan yang sesuai petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah serta melaksanakan amanah sebagai pewaris tanah air Indonesia dengan kemampuan-kemampuan yang kita miliki